Rekonstruksi Filsafat Kedokteran Islam: Epistemologi, Ontologi, dan Aksiologi

Authors

  • Ahmad Muttaqin Alim Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v15i1.83

Keywords:

Kedokteran Islam,, kedokteran modern,, filsafat, rekonstruksi

Abstract

“Perlawanan” cendekiawan Muslim termasuk para ilmuwan kedokteran terhadap sains modern melalui proyek Islamisasi Ilmu juga terejawantah di dalam dunia kedokteran. Para dokter Muslim mulai melirik konsep dan praktik kedokteran Islam, bahkan di beberapa universitas sudah diajarkan sejak dua dekade ini seperti “kedokteran nabi”, bekam, obat-obat herbal yang ada dalam hadits-hadits dan kitab-kitab salaf. Tak hanya itu, sumpah dokter Muslim pun dipakai di dalam sumpah dokter bersama sumpah hipokrates. Artikel ini akan memetakan persoalan yang lebih kompleks dan dalam dari sekadar fenomena cocokologi antara hadits dan ilmu kedokteran, bagaimana posisi ilmu kedokteran di dalam hierarkhi pengetahuan menurut para cendekiawan Muslim, bagaimana perkembangan dunia kedokkteran modern dan landasan filsafatnya, serta pekerjaan rumah para cendekiawan dan praktisi ilmu kedokteran bila ingin membangun konstruksi kedokteran Islam yang kokoh.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ahmad Muttaqin Alim, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Ahmad Muttaqin Alim, selain sebagai seorang dosen di Fskultas Kedokteran Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dr Alim juga merupakan Pusat Komando COVID-19 Muhammadiyah (MCCC).

Published

2020-06-30

How to Cite

Alim, A. M. (2020). Rekonstruksi Filsafat Kedokteran Islam: Epistemologi, Ontologi, dan Aksiologi. MAARIF, 15(1), 168–180. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i1.83