Transformasi Sosial dalam Proses Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Rifma Ghulam Dzaljad Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v15i2.117

Keywords:

Homeschooling, Pandemi Covid-19, Pendidikan, Transformasi Sosial

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan sosial yang tidak direncanakan. Pandemi Covid-19 tidak hanya menimbulkan dampak secara klinis kepada masyarakat dunia, namun juga menimbulkan konsekuensi sosial dan ekonomi yang tidak sepenuhnya sanggup ditopang oleh negara. Selain itu transformasi sosial yang terjadi akibat pandemi menyebabkan ketimpangan peran dan kekerasan di tingkat mikro keluarga, sekaligus kompleksitas masalah dalam penyelenggaraan pendidikan. Tulisan ini berusaha menganalisa kaitan antara pandemi Covid-19, perubahan sosial yang terjadi dan pentingnya pendidikan di masa pandemi dilaksanakan dalam bentuk belajar di rumah (homeschooling, home education, home based learning), pembelajaran berada dalam lokus keluarga dan komunitas dengan kesadaran mental sebagai ‘abid-khalif, berbasis kearifan nilai-nilai keadaban dan kemajuan sesuai semangat dan kebutuhan zamannya sebagaimana diajarkan Kiai Dahlan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rifma Ghulam Dzaljad, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Rifma Ghulam Dzaljad, Dosen FISIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA), Sekretaris Pimpinan Ranting Muhammadiyah Legoso Pisangan, Ciputat.

PlumX Metrics

Published

30-12-2020

How to Cite

Dzaljad, R. G. (2020). Transformasi Sosial dalam Proses Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. MAARIF, 15(2), 305–324. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i2.117