Jalan Moderasi Pemikiran Hukum Islam Muhammadiyah (Analisis atas “Risalah Akhlak Islami Filosofis” Majelis Tarjih)

Authors

  • Pradana Boy ZTF Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v16i1.133

Keywords:

Muhammadiyah, Majelis Tarjih, Risalah akhlak Islami filosofis, Moderasi, Pemikiran Fikih

Abstract

Moderasi keagamaan merupakan sebuah wacana dan gerakan baru dalam konteks keberagamaan di Indonesia. Tidak semua pihak menyambut gerakan ini dengan positif. Muhammadiyah merupakan gerakan Islam yang merespon positif gerakan ini. Artikel ini hendak menunjukkan bahwa Muhammadiyah merupakan gerakan Islam moderat dalam hal sistem pemikiran dan gerakannya. Untuk membuktikan hal tersebut, artikel ini menganalisis salah satu produk pemikiran Majelis Tarjih yang dikeluarkan pada Musyawarah Nasional Tarjih tahun 2020. Produk pemikiran itu bernama “Risalah Akhlak Islam Filosofis.” Dengan menggunakan kerangka teori moderasi, analisis atas dokumen tersebut menunjukkan bahwa Muhammadiyah melakukan moderasi dalam dua konteks, yaitu tataran teoretis dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Pradana Boy ZTF, Universitas Muhammadiyah Malang

Adalah dosen di Program Studi Hukum Keluarga Islam Universitas Muhammadiyah Malang. Menempuh pendidikan Sarjana dalam bidang hukum Islam di universitas yang sama. Pendidikan master diselesaikan di Australian National University (ANU) antara tahun 2005 hingga 2007, sementara gelar Doctor of Philosophy dalam bidang sosiologi hukum Islam diraih dari National University of Singapore pada tahun 2015. Aktif dalam berbagai kegiatan di level internasional. Pada tahun 2016-2017 menjadi international fellow dalam dialog antaragama di King Abdullah bin Abdulaziz International Center for Interreligious and Intercultural Dialogue (KAICIID) yang berbasis di Wina, Australia.

Selama tiga tahun sejak 2019 menjadi Koordinator Indonesia untuk program penelitian tentang agama, sekularisasi, radikalisasi dan globalisasi di bawah koordinasi European University Institute, Florence, Italia. Selain di KAICIID, dalam bidang dialog antaragama, Pradana juga aktif sebagai anggota jaringan Global Exchange on Religion in Society (GERIS). Di antara publikasinya adalah Fatwa in Indonesia: An Analysis of Dominant Legal Ideas of Fatwa-Making Agencies in Post-New Order Period yang diterbitkan oleh Amsterdam University Press, Belanda (2018). Selain itu, juga memberikan kontribusi pada buku Routledge Handbook on the Governance of Religious Diversity (Routledge, London and New York, 2021) dan Alternative Voices in Muslim Southeast Asia: Discourses and Struggles (ISEAS, 2019). Saat ini menjabat sebagai Asisten Khusus Rektor Universitas Muhammadiyah Malang.

Published

2021-08-31

How to Cite

ZTF, P. B. . (2021). Jalan Moderasi Pemikiran Hukum Islam Muhammadiyah (Analisis atas “Risalah Akhlak Islami Filosofis” Majelis Tarjih). MAARIF, 16(1), 42–59. https://doi.org/10.47651/mrf.v16i1.133