Moderasi Beragama Muhammadiyah dalam Kajian Kesarjanaan Indonesia: Antara Studi dan Dakwah Islam

Authors

  • Muhammad Alwi HS Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v16i1.135

Keywords:

Sarjana Indonesia, Moderasi Beragama, Muhammadiyah, Studi Islam, Dakwah Islam

Abstract

Artikel ini membahas kajian sarjana Indonesia terkait moderasi beragama yang digaungkan oleh Muhammadiyah dengan mengarah pada pemetaan apakah kajian sarjana tersebut bernuansa studi Islam atau dakwah Islam. Data-data kajian sarjana diperoleh dari artikel jurnal yang dipublikasikan sejak edisi pertama 2016 hingga edisi kedua 2020. Melalui metode deskritpitf--analitis, artikel ini menyimpulkan bahwa kajian-kajian sarjana Indonesia cenderung berkisar pada kajian bernuansa dakwah daripada studi. Artinya, para sarjana Indonesia cenderung menjadi perpanjangan tangan atas pemahaman dan gerakan moderasi beragama untuk konteks Indonesia. Semua latar belakang isu moderasi beragama dalam kajian sarjana Indonesia tersebut berdasarkan kegelisahannya menyaksikan fenomena radikalisme, terorisme, dan aksi ekslusif lainnya, yang secara riil membutuhkan solusi, termasuk dari perspektif Muhammadiyah. Temuan ini menunjukkan bahwa sisi teologi Islam yang melekat pada kesarjanaan senantiasa mempengaruhi kajiannya. Sehingga, sekalipun posisi sarjana Indonesia berada di ruang akademisi, yang menempatkan dan menuntut mereka sebagai peneliti, tetapi para sarjana tersebut tidak dapat dilepaskan dari identitasnya sebagai penganut agama Islam, yang yakin akan kebenaran agamanya dan bertujuan menyebarkannya, termasuk dalam hal moderasi beragama menurut ORMAS Islam Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Alwi HS, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Dilahirkan pada 08 Desember 1994, di Pulau Balang Caddi. Pendidikan SD-nya di 11/32 Pulau Balang Caddi, Pangkajene dan Kepulauan (2002-2008). Lanjut di jenjang Madrasah Tsanawiyah (2008-2011) dan Aliyah (2011-2014) di Pondok Pesantren Nahdlatul Ulama, Maros. Jenjang S1 mengambil jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (2014-2017) dan S2 mengambil jurusan Aqidah dan Filsafat Islam, konsentrasi Studi Al-Qur’an dan Hadis (2018-2020). Mengajar di UIN Sunan Kalijaga dan Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran Yogyakarta. Menjadi reviewer pada jurnal Asy-Syari’ah: Jurnal Hukum Islam Fakultas Syariah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo, Jawa Timur, dan J-Alif: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Al-Asy’ariyah Mandar. Menjadi pembicara pada acara seminar dan konferensi, baik nasional maupun internasional. Menulis Buku, Artikel jurnal nasional dan internasional, website, dan beberapa Antologi buku.

Published

2021-08-31

How to Cite

HS, M. A. . (2021). Moderasi Beragama Muhammadiyah dalam Kajian Kesarjanaan Indonesia: Antara Studi dan Dakwah Islam. MAARIF, 16(1), 79–97. https://doi.org/10.47651/mrf.v16i1.135