Komunikasi Politik Inklusif Muhammadiyah: Analisis Teks Pesan Komunikasi Muhammadiyah Pada Pemilihan Umum Serentak 2019

Authors

  • Neni Nur Hayati Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v16i1.138

Keywords:

Komunikasi Politik, Politik Inklusif Muhammadiyah, Pesan Komunikasi Politik, Pemilu Serentak 2019

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi politik inklusif Muhammadiyah sebagai gerakan islam amar maruf nahi munkar dalam Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah analisis teks dalam pesan komunikasi politik Muhammadiyah. Pemilu yang pertama kali terselenggara di Indonesia, yang menyatukan Pemilihan Anggota Legislatif dengan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dilaksanakan secara bersamaan ini memiliki tantangan yang cukup kompleks dan berat. Keberadaan organisasi islam Muhammadiyah dinilai mempunyai peranan strategis dan signifikan dalam mewujudkan pemilihan yang berkualitas dan berintegritas. Muhammadiyah sebagai komunikator politik masyarakat telah merancang pesan komunikasi politik dalam bentuk retorika, propaganda dan fungsi komunikasi dengan efektif sehingga dapat mempersuasi publik, meminimalisir polarisasi dua kubu yang perpecah belah, mampu melawan hoax, memerangi politik uang, ujaran kebencian dan politik identitas, dengan menghadirkan narasi pencerahan sebagai alternatif isu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Neni Nur Hayati, Universitas Padjadjaran

Adalah Direktur Eksekutif Democracy dan Electoral Empowerment Partnership (DEEP). Perempuan yang kini berusia 28 tahun juga aktif menulis di berbagai media seperti Republika, detik.com, kompas.com, Media Indonesia, Koran Tempo, Pikiran Rakyat, Koran Sindo, Geotimes dan media online lainnya. Setidaknya telah ada 300 artikel mengenai kepemiluan, demokrasi, politik, komunikasi serta isu menyangkut perempuan dan anak. Penulis juga aktif sebagai Anggota Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Pimpinan Pusat Muhammadiyah serta aktivis Nasyiatul Aisyiyah. Kesehariannya selain sedang melanjutkan lagi studi di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran juga aktif mengisi di berbagai diskusi publik dan mengadakan acara untuk pendidikan politik kaum perempuan dan milenial.

Published

2021-08-31

How to Cite

Hayati, N. N. . (2021). Komunikasi Politik Inklusif Muhammadiyah: Analisis Teks Pesan Komunikasi Muhammadiyah Pada Pemilihan Umum Serentak 2019. MAARIF, 16(1), 141–161. https://doi.org/10.47651/mrf.v16i1.138