Perilaku Komunikasi Interpersonal Pecandu Game Online

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v17i1.157

Keywords:

dota 2, kecanduan game online, komunikasi interpersonal, perilaku online

Abstract

Game online merupakan fenomena yang menarik namun kehadirannya menyebabkan kecanduan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi motivasi pemain kecanduan Dota 2, mengeksplorasi interaksi di dalam dan di luar dunia maya. Teori Motivasi dan teori Repeated Games digunakan sebagai referensi utama. Studi kualitatif, wawancara dengan lima pecandu game Dota 2, tiga anggota keluarga, staf caffe game, dan psikolog. Temuan menunjukkan bahwa motivasi memainkan game online untuk menaikkan peringkat, keuntungan finansial, relationship, dan menjadi profesional. Interaksi virtual pecandu Dota 2 aktif karana kesamaan minat. Grup media sosial digunakan untuk interaksi virtual. Interaksi nyata jarang dilakukan, temuan menarik lainnya adalah penggunaan Istilah-istilah dalam Dota 2 tetap dilakukan pada interaksi di luar dunia maya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

PlumX Metrics

Published

30-06-2022

How to Cite

Widyastuti, N. W. (2022). Perilaku Komunikasi Interpersonal Pecandu Game Online. MAARIF, 17(1), 95–111. https://doi.org/10.47651/mrf.v17i1.157