Kampanye Nilai-Nilai Moderasi Islam Melalui Internet (Studi Tranformasi Media Dakwah di Asrama Hasbullah Sa’id MAPK MAN 4 Jombang)

Authors

  • Muhammad Saiful Umam Ichwati IAIN KEDIRI

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v17i1.158

Keywords:

moderasi islam, internet, siswa & manpk

Abstract

Tulisan ini mencoba untuk mendeskripsikan kontribusi siswa-siswi MAPK MAN 4 Jombang dalam mengkampanyekan moderasi Islam. Nilai-nilai moderasi Islam tercermin dalam kehidupan sehari-hari siswa-siswi di asrama, yang diharapkan mampu mengemban amanah sebagai agen perubahan dalam menciptakan perdamaian dunia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 8 orang yaitu 5 orang peserta didik, 2 tutor, dan 1 pengasuh asrama. Hasil penelitian ini adalah munculnya kehidupan santri yang menggambarkan nilai-nilai moderasi Islam, baik di bidang akidah (keyakinan), ibadah (pelaksanaan hukum dan ritual keagamaan), dakwah (syiar agama) dan akhlak (etika). Kemudian adanya transformasi dakwah di pesantren, yang tidak hanya sekadar budaya membaca dan mendengar, melainkan berkembang menuju budaya menulis. Para santri tidak hanya terbiasa menulis di majalah sekolah atau asrama melainkan aktif menuliskan opini di portal-portal keislaman nasional, semisal NU Online, Alif.id, Pesantren.id, Neswa.id dan sebagainya. Dengan aktifnya para siswa menulis di internet, asumsinya bahwa upaya siswa untuk mengkampanyekan Islam moderat semakin terbuka lebar karena internet merupakan media dakwah yang strategis, efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

PlumX Metrics

Published

30-06-2022

How to Cite

Ichwati, M. S. U. (2022). Kampanye Nilai-Nilai Moderasi Islam Melalui Internet (Studi Tranformasi Media Dakwah di Asrama Hasbullah Sa’id MAPK MAN 4 Jombang). MAARIF, 17(1), 128–139. https://doi.org/10.47651/mrf.v17i1.158