Keberagamaan Hijrah: Kebutuhan Ekonomi, Sosial Kultural, dan Eksistensi di Kalangan Selebritas

Authors

  • Yumniati Agustin Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta
  • Widyat Nurcahyo Universitas Tama Jagakarsa
  • Irma Novida Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v17i2.199

Keywords:

hijrah, ragam hijrah selebritas, era digital

Abstract

Hijrah tidak selalu membawa dampak positif, tetapi terkadang memberikan dampak negatif dalam pandangan orang lain. Hal ini terjadi karena pelaku hijrah tidak semuanya berubah atas dasar keinginannya dari dalam hati dan dengan tekun mempelajari agama Islam dengan baik. Pelbagai motif melatarbelakangi munculnya hijrah di Indonesia, seperti: ekonomi, sosial kultural, dan eksistensi. Dari tiga aspek ini, kebutuhan hijrah menjadi suatu bantuk yang diikuti, tetapi tidak diresapi sebagai suatu bentuk perubahan yang harus terimaji di dalam hati. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengkaji fenomena hijrah di kalangan selebritas dengan menggunakan teori Teun A. van Dijk: kognisi, konteks sosial, dan teks. Melalui teori ini, peneliti dapat menelaah pelbagai fenomenan di masyarakat terkait hijrah yang sedang ramai diperbincangkan generasi milenial. Metode dalam penelitian ini merupakan analisis isi. Sumber data didapatkan dari media sosial dan media lainnya yang memuat fenomena hijrah di kalangan selebritas. Hasilnya didapatkan bahwa hijrah tidak sekadar ingin berubah dari hati, tetapi ada motif ekonomi yang harus terpenuhi. Selain itu, hijrah juga diikuti berdasarkan sosial kultural masyarakat Indonesia yang mengikuti pergerakan yang besar. Tujuannya agar tetap eksis di dunia hiburan tanah air dengan segala macam polemiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yumniati Agustin, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta

Yumniati Agustina, Dosen PNS DPK - Institut Teknologi Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta Fakultas Ekonomi, Prodi Akuntansi. Selain aktif menulis, penulis mengajarkan beberapa Mata kuliah, seperti: Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi keuangan Menengah 1 & 2, Akuntansi keuangan Lanjutan 1, Pengantar Akuntansi 1 & 2, Akuntansi Pemerintahan, SAK ETAP, Praktikum Akt. Biaya, Praktikum Pengantar Akt, Praktikum Akt.Keu Menengah, Akuntansi Bank, Operational Research. Penulis juga aktif dalam dunia pendidikan dengan membuat TPA Suvainy Rava dan memberdayakan mahasiswa untuk mengajar.

Widyat Nurcahyo, Universitas Tama Jagakarsa

Widyat Nurcahyo, Dosen PNS DPK dan bertugas di Universitas Tama Jagakarsa Fakultas Teknik, Prodi Teknologi Informatika. Selain mengajar, penulis aktif mengikuti kegiatan akademis dengan menulis artikel ilmiah.

Irma Novida, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta

Irma Novida, saat ini tercatat sebagai dosen tetap Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta. Mengajar mata kuliah Ekonomi Islam, Pengantar Ilmu Ekonomi, dan Budgeting. Selain mengajar, menjabat struktural di ITB-AD sebagai Kabiro Bidang II SDM, Keuangan dan Sarana.

References

Amel, Amel. “Salmafina Sunan Dalam Video Ini Akui Tergerak Hijrah Saat Di Club Dan Cintanya Dengan Taqy Malik, Alma: Ya Allah Kangen Banget.” Wiken.Id. Last modified 2019. https://wiken.grid.id/read/391787788/salmafina-sunan-dalam-video-ini-akui-tergerak-hijrah-saat-di-club-dan-cintanya-dengan-taqy-malik-alma-ya-allah-kangen-banget?page=all.

van Dijk, Teun A. Society and Discourse: How Social Contexts Influence Text and Talk. Cambridge University Press, 2009.

Eriyanto, Eriyanto. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS, 2009.

Fahri, Mohamad, and Ahmad Zainuri. “Moderasi Beragama Di Indonesia.” Intizar 25, no. 2 (2019): 95—100.

Faruq, Umar Al, and Dwi Noviani. “Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Perisai Radikalisme Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal TAUJIH Program Studi Jurnal Pendidikan Islam Pendidikan Agama Islam 14, no. 1 (2021).

Iqbal, M, E Boeriswati, and Z Zuriyati. “KEPRIBADIAN DIRI NYATA DAN DIRI IDEAL TOKOH UTAMA PADA NOVEL GORNATHOH KARYA RADWA ASHOUR (Kajian Psikologi Sastra).” BAHTERA: Jurnal Pendidikan … (2017). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/article/view/4289.

Muntazori, Ahmad Faiz, and Bambang Sunarto. “A Representation of Hijrah in Visual Da’wah Media on Instagram.” In IICACS : International and Interdisciplinary Conference on Arts Creation and Studies, 3:174–184, 2020.

Muqit, Abdul. “Harmonisasi Antar Umat Beragama Dalam Negara Multi Agama Dalam Perspektif Al-Quran.” Ta’wiluna: Jurnal , Ilmu al-Quran, Tafsir dan Pemikiran Islam 1, no. 1 (2020): 41—58. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/takwiluna.

Pawestri, Wisnu Pudji, and Siti Kholifah. “Fashion: Akumulasi Modal Dan Habituasi Pada Praktik Dakwah Komunitas Hijrah.” Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya 4, no. 3 (October 30, 2020): 145–160. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Religious/article/view/9814.

Payuyasa, I N. “Analisis Wacana Kritis Model Van Dijk Dalam Program Acara Mata Najwa Di Metro TV.” Segara Widya: Jurnal Hasil Penelitian Dan … (2017). http://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/segarawidya/article/view/188.

PPIM. “Ringkasan Eksekutif: Hasil Penelitian Tren Keberagamaan Gerakan Hijrah Kontemporer” (2021): 1–24.

Pusat Bahasa Kemdikbud. “Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ).” Kementerian Pendidikan dan Budaya (2016).

Rukmini, Dewi. “Isi Bunyi Pasal 29 UUD 1945 Tentang Kebebasan Beragama Dan Maknanya.” Tirto.Id. Last modified 2021. https://tirto.id/isi-bunyi-pasal-29-uud-1945-tentang-kebebasan-beragama-dan-maknanya-glPa.

Sugiyono, and Republik Indonesia. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Journal of Experimental Psychology: General, 2010.

Widhiyanto, Fajar. “Konsumsi Busana Muslim Di Indonesia Capai US$ 20 M.” Investor.Id. Last modified 2022. Accessed September 10, 2022. https://investor.id/business/291601/konsumsi-busana-muslim-di-indonesia-capai-us-20-m.

Yusuf, Yogi Muhamad, Vikry Abdullah Rahiem, Wawan Wartono, and Charisma Asri Fitrananda. “Representasi Busana Muslim Pemuda Hijrah Di Channel Youtube Shift Media.” Jurnal Komunikasi Global 10, no. 2 (2021): 294–311.

Zulhazmi, Abraham Zakky, and Erma Priyanti. “Eksistensi Komunitas Hijrah Dan Dakwah Masa Kini: Studi Komunitas Jaga Sesama Solo.” Jurnal Ilmu Dakwah 40, no. 2 (2020): 168.

Downloads

PlumX Metrics

Published

24-01-2023

How to Cite

Agustin, Y., Nurcahyo, W., & Novida, I. (2023). Keberagamaan Hijrah: Kebutuhan Ekonomi, Sosial Kultural, dan Eksistensi di Kalangan Selebritas. MAARIF, 17(2), 140–154. https://doi.org/10.47651/mrf.v17i2.199