Mediatisasi Dakwah, Moralitas Publik dan Komodifikasi Islam di Era Neoliberalisme

Authors

  • Arie Setyaningrum Pamungkas Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v13i1.12

Keywords:

mediatisasi dakwah, moralitas publik, transformasi media Islam, ranah publik Muslim, komodifikasi Islam, neoliberalisme

Abstract

Dakwah Islam bukan hanya ditujukan untuk menyampaikan pesan spiritual bagi pembentukan pribadi Muslim, melainkan juga ditujukan untuk suatu tujuan normatif, praktik moralitas publik yang didasari oleh interpretasi atas ajaran Islam tertentu. Perkembangan media telah memfasilitasi praktik dakwah, sejak masa kolonial dimana percetakan Al Qur’an bahkan ikut difasilitasi oleh pemerintah kolonial, hingga terbentuknya press Islam yang ikut mendorong munculnya nasionalisme sebagai bentuk resistensi, hingga bentuk-bentuk dakwah yang dimediasikan sehingga membentuk ranah publik Muslim.  Keragaman medium dalam dakwah telah menciptakan ranah publik Muslim (Muslim public sphere) sehingga bukan hanya mampu menjadi basis terbentuknya konstituensi politik, bahkan pasar baru bagi identitas Muslim. Sengkarut antara kepentingan politis dan kapital ekonomi secara rentan mengubah muatan dakwah menjadi alat propaganda dan bahkan mampu menciptakan ‘fandom’ dimana komodifikasi Islam mengabdi pada logika pasar neoliberalisme. Inilah yang berlangsung di Indonesia selama dua dekade terakhir. Fenomena yang mentransformasi moralitas publik menjadi komoditas baik sebagai komoditas politik maupun ekonomi ini juga sesungguhnya berlangsung secara global.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Arie Setyaningrum Pamungkas, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Arie Setyaningrum Pamungkas, merupakan lulusan program Doktoral pada Southeast Asian Studies, Humboldt Universität zu Berlin, dan Muslim Cultures and Societies, Free University Berlin, di tahun 2015. Aktivitasnya saat ini sebagai sosiolog di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Aktivitas menulisnya di berbagai media telah dilakukannya sejak tahun 2002.

PlumX Metrics

Published

20-06-2018

How to Cite

Pamungkas, A. S. (2018). Mediatisasi Dakwah, Moralitas Publik dan Komodifikasi Islam di Era Neoliberalisme. MAARIF, 13(1), 55–75. https://doi.org/10.47651/mrf.v13i1.12