Pesan Dakwah Hijrah Influencer untuk Kalangan Muda di Media Sosial

Authors

  • Syihaabul Hudaa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta
  • Nuryani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Bambang Sumadyo Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v17i2.198

Keywords:

hijrah, peranan media, dakwah dalam era digital

Abstract

Sejak pandemi melanda dunia, penutupan tempat ibadah dan fasilitas umum dilakukan pemerintah untuk meminimalisasi penyebaran virus covid-19. Sebagai upaya penyebaran dakwah, media sosial menjadi tempat yang efektif untuk menyebarkan syiar Islam. Beberapa influencer pun banyak memberikan tausiah yang menginterpretasikan dakwah melalui unggahan akun media sosialnya. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengkaji pesan dakwah hijrah yang dilakukan influencer di media sosial untuk kalangan muda. Beberapa media sosial yang menjadi objek penelitian peneliti yaitu akun Instagram milik selebgram, artis, dan lainnya. Selain Instagram, peneliti pun menelaah konten milik YouTuber/TikToker Majelis Nurul Legend yang sering membagikan pesan dakwah saat main game. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis isi. Data dalam penelitian ini diambil dari media sosial dengan teknik analisis dan pencatatan. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis menggunakan teori Norman Fairclough tiga dimensi: mikrostruktural, mesostruktural, dan makrostruktural. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tren hijrah di kalangan selebritas membawa perubahan yang signifikan di masyarakat. Media sebagai penyebar informasi menyebarkan fenomena hijrah secara eksplisit dengan tujuan masyarakat mudah memahami pesan yang disampaikan. Selain itu, bentuk dakwah pun dalam era digital dapat dilakukan melalui permainan yang banyak dimainkan generasi milenial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Syihaabul Hudaa, Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta

Syihaabul Hudaa lahir di Jakarta, 17 November 1989. Menyelesaikan pendidikan S1 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2013. Kemudian, menyelesaikan pendidikan S-2 di Universitas Negeri Jakarta tahun 2016. Tercatat sebagai dosen homebase di Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta sejak 2016--saat ini. Selain mengajar di Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan, tercatat sebagai dosen tidak tetap di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UPN Veteran Jakarta. Tercatat sebagai reviewer dan editor di jurnal nasional. Aktif di lembaga Research Synergy Foundation sebagai reviewer. Memiliki beberapa karya tulis, di antaranya: buku ajar (Khazanah Bahasa: Memaknai Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar, Estetika Berbahasa). Karya fiksi seperti: Novel (Saleh 2017), Antologi Puisi (Tentang Masjid). Menjadi anggota HEBII, IPTABI, ADI dan PPJB-SIP. Penulis juga menjadi Mendeley Advisor di Indonesia. Selain itu, penulis aktif menulis di jurnal nasional dan internasional.

Nuryani, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Nuryani, dosen PNS di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain aktif menulis artikel, penulis aktif menulis buku ajar. Pernah menjadi editor in chief Dialektika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Bambang Sumadyo, Universitas Indraprasta PGRI

Bambang Sumadyo, Dosen dan Wakil Dekan FBS Unindra, Penulis aktif menulis karya tulis di antaranya: Usaha Mempertebal Sikap Positif dalam Berbahasa Indonesia; Potensi Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Pengantar di Kawasan.Asia Tenggara; Pembelajaran dengan Padlet untuk meningkatkan minat baca.

References

Cenderamata, Rengganis Citra, and Nani Darmayanti. “Analisis Wacana Kritis Fairclough Pada Pemberitaan Selebriti Di Media Daring (Fairclough ’ S Critical Discourse Analysis of Celebrity News on Online Media).” Jurnal Literasi 3, no. 1 (2019): 1–8.

Citradewi, Vinka Intan. “Salmafina Sunan Pindah Agama Kristen, Sunan Kalijaga: Anak Soleha Ayah.” IntipSeleb. Last modified 2022. Accessed September 1, 2022. https://www.intipseleb.com/lokal/39608-salmafina-sunan-pindah-agama-kristen-sunan-kalijaga-anak-soleha-ayah.

Fahri, Mohamad, and Ahmad Zainuri. “Moderasi Beragama Di Indonesia.” Intizar 25, no. 2 (2019): 95—100.

Fairclough, Norman. Media Discourse. London: Edward Arnold, 1995.

Idris, Muhammad Ahnu. “Analisis Fenomenologis Pesan Dakwah Digital PCNU Pamekasan.” Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman 8, no. 1 (2022): 1–26. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/5479.

Juwita, Elsa Puji, Dasim Budimansyah, and Siti Nurbayani. “Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa.” Sosietas 5, no. 1 (2015).

Kemdikbud, Pusat Bahasa. “Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ).” Kementerian Pendidikan dan Budaya (2016).

Miles, MB, and AM Huberman. “Miles and Huberman Chapter 2.” In Qualitative Data Analysis, 1994.

Muntazori, Ahmad Faiz, and Bambang Sunarto. “A Representation of Hijrah in Visual Da’wah Media on Instagram.” In IICACS : International and Interdisciplinary Conference on Arts Creation and Studies, 3:174–184, 2020.

Muslim, M I. “Historiografi Manajemen Haji Di Indonesia: Dinamika Dari Masa Kolonial Hingga Kemerdekaan.” Jurnal MD (2020). http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/JMD/article/viewFile/1806/1329.

Pusat Bahasa Kemdikbud. “Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ).” Kementerian Pendidikan dan Budaya (2016).

Rina, Rina, Erfian Syah, and AD Kusumaningtyas. “Analisis Pesan Dakwah Dalam Novel Religi.” Muttaqien: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 3, no. 1 (2022): 15–41. http://e-jurnal.staimuttaqien.ac.id/index.php/mtq/article/view/359.

Rosmalina, Asriyanti, and Fawaz Altop Zulfikar. “Pesan Dakwah Tentang K-Wavers Hijrah Di Media Sosial Instagram.” ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 10, no. 2 (2019): 136–151.

Setiawan, Retno Agus, and Djoko Budiyanto Setyohadi. “Analisis Komunikasi Sosial Media Twitter Sebagai Saluran Layanan Pelanggan Provider Internet Dan Seluler Di Indonesia.” Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence 3, no. 1 (2017): 16.

Sugiyono, and Republik Indonesia. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Journal of Experimental Psychology: General, 2010.

WANG, Yubo, and Yong HE. “Opinions on the Corona Virus Disease 2019.” Chongqing Medicine (2020).

Zain, Arifin, Fauzi Fauzi, Reza Muttaqin, and Maturidi Maturidi. “Pesan-Pesan Dakwah Dalam Adat Melengkan Pada Upacara Pernikahan Suku Gayo Kabupaten Aceh Tengah.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 20, no. 2 (2022): 1–12. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/5082.

Downloads

PlumX Metrics

Published

24-01-2023

How to Cite

Hudaa, S., Nuryani, & Sumadyo, B. (2023). Pesan Dakwah Hijrah Influencer untuk Kalangan Muda di Media Sosial. MAARIF, 17(2), 105–121. https://doi.org/10.47651/mrf.v17i2.198