Agama, Manusia dan Kebinekaan: Gagasan Ahmad Syafii Maarif tentang Islamisasi, dan Pluralisme

Gagasan Ahmad Syafii Maarif tentang Islamisasi, dan Pluralisme

Authors

  • Martin Lukito Sinaga Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v18i1.206

Keywords:

teologi, pluralisme, toleransi, islam modernis, muhammadiyah, ruang publik

Abstract

Agama Islam sebagai kekuatan publik yang transformatif dan toleran menjadi perhatian Ahmad Syafii Maarif (ASM). Kebinekaan ataupun komitmen atas kemajemukanlah baginya terlebih sebagai sebentuk produk ideal tatkala “force” islamisasi mentransformasi masyarakat Indonesia. Keutamaan Muhammadiyah, yaitu virtue Islam modern yang ia terima, tampaknya cukup meyakinkannya bahwa setiap manusia adalah makhluk Allah yang dengan kemanusiaannya harus dihormati, tanpa membedakan agama atau pun budaya apalagi ras-nya. Studi yang cukup mendalam dari Mohammad Qorib, menegaskan bahwa ASM berada selangkah menjelang Cak Nur dalam pendalaman teologis tentang pluralisme. Bagi ASM “nilai-nilai demokrasi, pluralisme, hak-hak asasi manusia, toleransi, prinsip kesetaraan jender, dan bangunan masyarakat sipil—hal yang berkembang di dunia modern—sesungguhnya dari sisi ajaran autentik Islam, tidak ada yang aneh”. Teologi pluralisme dapat memberi basis yang semakin kokoh bagi komitmen kebhinekaan dan kemanusiaan sebagaimana selama ini dipraktikkan oleh ASM.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Martin Lukito Sinaga, Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Jakarta

Dosen pada Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Jakarta, Ketua Komisi antaragama PGI, Instruktur Nasional Moderasi Beragama Kemenag RI, dan Staff Ahli Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

References

ruang publik

Downloads

PlumX Metrics

Published

22-06-2023

How to Cite

Sinaga, M. L. (2023). Agama, Manusia dan Kebinekaan: Gagasan Ahmad Syafii Maarif tentang Islamisasi, dan Pluralisme : Gagasan Ahmad Syafii Maarif tentang Islamisasi, dan Pluralisme . MAARIF, 18(1), 8–15. https://doi.org/10.47651/mrf.v18i1.206