Kritik Narasi Populisme Islamis di Mesir pasca-Arab Spring

Authors

  • Mush’ab Muqoddas Eka Purnomo Al Azhar Cairo Mesir

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v14i1.52

Keywords:

Umat Islam,, Mesir,, Al Ikhwan Al Muslimun,, Salafi,, ISIS

Abstract

Al Ikhwan Al Muslimun sebagai organisasi Islamis paling lama yang bertujuan untuk mendirikan kembali Khilafah Islamiyyah, ternyata tidak mampu mengelola kekuasaan. Akhirnya tidak sedikit dari kader-kadernya beralih kepada ISIS karena dianggap lebih mampu mendirikan Khilafah Islamiyyah serta mampu melawan para penguasa karena memiliki kemampuan militer yang dianggap lebih baik, walaupun sebenarnya tidak. Walaupun, kegalatan pemikiran yang telah merusak nalar pikir Kaum Islamis, baik Al Ikhwan Al Muslimun ataupun Salafi, kita harus tetap membuka pintu dialog, karena bagaimanapun, mereka adalah bagian dari kita, Umat Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mush’ab Muqoddas Eka Purnomo, Al Azhar Cairo Mesir

Mush’ab Muqoddas Eka Purnomo lahir di Surabaya 18 Juni 1989 menamatkan jenjang sekolah menengah pertama di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta kemudian melanjutkan menengah atas di Ma’had Bu’uts Islamiyah Al Azhar Bahasa Arab Univ. Al Azhar Cairo Mesir. Selama duduk di bangku kuliah turut berprofesi sebagai penerjemah di Fungsi Politik KBRI Cairo serta berinteraksi dengan berbagai tokoh anntara lain mantan Ketua Dewan Syuro Al Jama’ah Al Islamiyah dr. Najih Ibrahim dan direktur National Center of Security Studies Brigjen Pol Purn. Dr. Khalid Okasya.

PlumX Metrics

Published

30-06-2019

How to Cite

Purnomo, M. M. E. (2019). Kritik Narasi Populisme Islamis di Mesir pasca-Arab Spring. MAARIF, 14(1), 114–128. https://doi.org/10.47651/mrf.v14i1.52