Membumikan Gagasan Besar Buya Syafii Maarif: Keislaman, Keindonesiaan, dan Kemanusiaan

Authors

  • Moh. Shofan MAARIF Institute

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v18i1.209

Keywords:

keislaman, keindonesiaan, kemanusiaan, toleransi, kebinekaan, pemikiran Islam

Abstract

Buya Syafii Maarif bukan hanya dikenal sebagai seorang cendekiawan, guru bangsa dengan kepribadian yang humanis, tetapi juga dikenal sebagai seorang sejarawan yang kritis, mantan Ketua PP Muhammadiyah (1998-2005) dan salah satu ikon intelektual Islam gelombang pertama di Indonesia. Tak diragukan lagi, pemikiran dan karya intelektualnya memiliki pengaruh besar dalam pembentukan tradisi intelektualisme Islam di Indonesia. Pemikiran-pemikirannya tentang isu-isu keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan, telah membuka pintu gerbang cakrawala keilmuan bagi para penerus bangsa. Sebagai seorang cendekiawan yang selalu menganjurkan “kemerdekaan berpikir”, dimensi kreatif pikiran Buya Syafii, merambah semua wilayah dengan suatu keyakinan penuh, yakni mengubah kemapanan yang membelenggu kreatifitas pemikiran manusia ke arah suatu “kemajuan” melalui trilogi Pembaruan: Keislaman, Keindonesiaan dan Kemanusiaan. Untuk merealisasikan gagasan-gagasan Buya Syafii yang concern terhadap isu-isu keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan, maka pada 28 Februari 2003 didirikan lembaga MAARIF Institute for Culture and Humanity di Jakarta. Berdirinya MAARIF Institute tidak dapat dipisahkan dari gagasan besar Buya Syafii, sehingga nama Maarif digunakan sebagai nama lembaga. Pendirian MAARIF Institute tidak lain merupakan ikhtiar untuk merealisasikan gagasan besar Buya Syafii yang terangkum dalam konsep keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan.  

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Moh. Shofan, MAARIF Institute

lahir di Gresik, Jawa Timur, 23 November 1975. Pernah bekerja di sejumlah Lembaga: Lembaga Studi Agama dan Filsafat (LSAF) Jakarta, ICIP (International Center for Islam and Pluralism) Jakarta, Pusat Studi Islam dan Kenegaraan (PSIK) Universitas Paramadina, Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD) Yayasan Wakaf Paramadina, Staf Ahli (TA) Komisi VIII DPR-MPR (2015-2019). Kini menjabat sebagai Direktur Program MAARIF Institute, Jakarta. Saat ini sedang menyelesaikan program doktoral di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Beberapa karyanya, antara lain: Pendidikan Berparadigma Profetik (Yogyakarta: Ircisod, 2004), Jalan Ketiga Pemikiran Islam Mencari Solusi Perdebatan Antara Tradisionalisme dan Liberalisme (Yogyakarta: Ircisod, 2007), Menegakkan Pluralisme, Fundamentalisme Konservatif di Tubuh Muhammadiyah (Yogyakarta: Arruz Media, 2008) Pluralisme Menyelamatkan Agama-agama (Samudra Biru: Yogyakarta, 2010), Biografi Rhoma Irama Politik Dakwah dalam Nada (Imania: Jakarta, 2014), Peran Organisasi Islam Moderat dalam Menangkal Ekstremisme Kekerasan (Studi Kasus NU dan Muhammadiyah) (Infid: Jakarta, 2019).

References

Abdullah, M. Amin. 2022. Buya Ahmad Syafii Maarif, Muslim Progresif, Faithful Patriotisme, & Pembela Pancasila. Makalah disampaikan pada acara Syafii Maarif Memorial Lecture (SMML) di Salahara Art Center, Jakarta, 5 Juli 2022

Ali, Mohamad. 2006. Islam Muda Liberal, Post-Puritan, Post-Tradisional, Jakarta: Apeiron Philotes, 2006, hal. 102

Asy’ari, Deni, dkk. 2022. Buya Syafii Bagi Kami, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Burhani, Ahmad Najib, dkk. (ed.). 2015. Muazin Bangsa dari Makkah Darat (Biografi Intelektual Ahmad Syafii Maarif, Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta

Maarif, Ahmad Syafii. 2017. Islam dan Pancasila sebagai Dasar Negara, Jakarta-Bandung: MAARIF Institute- Mizan

Maarif, Ahmad Syafii. 2022. Al-Quran untuk Tuhan Atau Untuk Manusia?. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Maarif, Ahmad Syafii. 2022. Indonesia Jelang Satu Abad Refleksi Tentang Keumatan, Kebangsaan dan Kemanusiaan, Jakarta: Mizan.

Maarif, Ahmad Syafii. 2022. Bulir-bulir Refleksi Seorang Mujahid, Jakarta: Kompas.

Maarif, Ahmad Syafii. 2022. Ranah Gurindam dalam Sorotan Pabrik Kearifan Kata dan Industri Otak di Tiang Gantung Sejarah, Jakarta: Pustakapedia bekerjasama dengan MAARIF Institute dan JIBPost.

Maarif, Ahmad Syafii. 2018. Krisis Arab dan Masa Depan Dunia Islam, Yogyakarta, Bunyan.

Riza Ul-Haq, Fajar, Muslim Puritan Pembela Pancasila, dalam Abdul Mu’ti, dkk. 2022. Mencari Negarawan Sosok dan Pemikiran Ahmad Syafii Maarif, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Susanto, Ari. 2022. Kompas Moral Bangsa Catatan Pemikiran dan Sikap Buya Ahmad Syafii Maarif, Yogyakarta: IB Pustaka, PT. Litera Cahaya Bangsa.

Downloads

PlumX Metrics

Published

22-06-2023

How to Cite

Shofan, M. (2023). Membumikan Gagasan Besar Buya Syafii Maarif: Keislaman, Keindonesiaan, dan Kemanusiaan. MAARIF, 18(1), 44–66. https://doi.org/10.47651/mrf.v18i1.209