Alam Digital Muhammadiyah Dakwah Islam Washatiyah Berkemajuan

Authors

  • David Krisna Alka Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v14i2.64

Keywords:

Muhammadiyah,, Digital,, Islam Wasathiyah,, Kaum Muda,

Abstract

Belum ada kajian serius tentang gerakan digital Muhammadiyah. Tulisan ini bisa menjadi pembuka untuk mengkaji alam digital dakwah Muhammadiyah dalam konteks keindonesiaan dan kebangsaan. Beberapa pertanyaan dan kegelisahan muncul. Gerakan dakwah digital seperti apa yang akan dipersembahkan Muhammadiyah untuk bangsa ini. Muhammadiyah dikenal sebagai gerakan organisasi keagamaan yang modern, tetapi perangkat gerakan dakwahnya sudah modern atau belum, masih bimbang. Selain itu, alam digital dekat dengan alam pikir generasi baru Muhammadiyah. Menjadi tantangan generasi muda Muhammadiyah dan influencer-nya untuk memelihara dan menyebarkan prinsip Islam Wasathiyah. Generasi muda Muhammadiyah bergerak di bawah tenda besar Islam Wasathiyah dan gerakannya dibingkai dengan gerakan dakwah yang kekinian, kreatif dan inovatif. Dakwah digital Islam Wasathiyat perlu diperkuat di seluruh lini, dari pusat sampai cabang dan ranting.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

David Krisna Alka, Universitas Indonesia

David Krisna Alka, Peneliti MAARIF Institute for Culture and Humanity, Pernah mendirikan Center for Moderate Moeslim (CMM), studi Pascasarjana Departemen Ilmu Antropologi Universitas Indonesia.

PlumX Metrics

Published

30-12-2019

How to Cite

Alka, D. K. (2019). Alam Digital Muhammadiyah Dakwah Islam Washatiyah Berkemajuan. MAARIF, 14(2), 85–92. https://doi.org/10.47651/mrf.v14i2.64