Jalan Baru Gerakan Moderasi Islam di Indonesia;Reagensi Lembaga Pendidikan Muhammadiyah sebagai Basis Gerakan Moderasi

Authors

  • Muhammad K. Ridwan Institut Agama Islam Negeri

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v16i1.134

Keywords:

Muhammadiyah, Pendidikan, Moderasi Islam

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk merefleksi dan mengelaborasi gerakan moderasi Islam di Indonesia yang dapat diperankan oleh organisasi Muhammadiyah. Perspektif ini menekankan pada konteks pendidikan sebagai model gerakan moderasi Islam yang cukup penting dalam menyukseskan agenda moderasi. Pendidikan diklaim sebagai wadah paling strategis dalam membentuk watak dan kepribadian masyarakat sebagaimana dimaksudkan dalam gerakan moderasi. Lebih dari itu, gerakan moderasi juga lebih dekat dengan gerakan preventif-advokatif-edukatif, ketimbang gerakan yang bersifat kuratif-pasif-reaktif. Oleh karena itu, tulisan ini ingin kembali menegaskan bahwa gerakan moderasi Islam melalui pendidikan merupakan jalur stategis dalam rangka mewujudkan masyarakat moderat dan berkemajuan. Peran pendidikan dalam rangka moderasi Islam tidak dapat diabaikan karena, tidak hanya akan menyebabkan dunia pendidikan dikuasai oleh gerakan ekstremis-radikalis, tetapi juga akan menyebabkan upaya moderasi Islam mengalami stagnasi dan status quo. Muhammadiyah sebagai organisasi yang memiliki lembaga pendidikan cukup banyak di Indonesia diharapkan mampu memainkan peranannya dalam rangka menggerakkan moderasi Islam di jalur pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad K. Ridwan, Institut Agama Islam Negeri

Penulis menyelesaikan pendidikan sarjana di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga di bidang studi Ilmu al-Quran dan Tafsir. Semasa kuliah, ia pernah mendapatkan MAARIF Fellowship tahun 2017 dari MAARIF Institute untuk bidang riset. Ia juga pernah mengikuti Sekolah Kebudayaan dan Kemanusiaan Ahmad Syafii Maarif (SKK-ASM) angkatan ke-3. Minat studi penulis di antaranya, studi Qur’an kontemporer, kajian sosial-politik-keagamaan, dan gender. Saat ini, penulis tengah mempersiapkan untuk melanjutkan studi master degree di The University of Chicago dengan konsentrasi di bidang Islamic Studies melalui beasiswa LPDP.

Published

2021-08-31

How to Cite

Ridwan, M. K. . (2021). Jalan Baru Gerakan Moderasi Islam di Indonesia;Reagensi Lembaga Pendidikan Muhammadiyah sebagai Basis Gerakan Moderasi. MAARIF, 16(1), 60–78. https://doi.org/10.47651/mrf.v16i1.134